top of page
  • Indozone

Perkuat Hubungan Bilateral Indonesia dan Tiongkok, 27 Anak Muda Berkunjung dan Belajar Langsung ke Beijing dan Tianjin

Updated: Jun 25



Indozone - Dalam rangka menjaga dan memperdalam hubungan baik antara Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok, Kedutaan Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Indonesia di  Jakarta melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga mengundang 27 anak muda dari berbagai sektor untuk mengunjungi Beijing dan Tianjin pada 22 - 29 Mei 2024.


Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama dalam bidang inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan, kebudayaan, pariwisata, dan pemuda. Delegasi Indonesia yang berangkat terdiri dari tiga entitas, yaitu pemerintah, organisasi masyarakat sipil, dan universitas.


Entitas pemerintah diwakili oleh Kemenpora, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dan Kantor Staf Presiden. Entitas organisasi masyarakat sipil diwakili Pijar Foundation dan ID Next Leader. Perwakilan universitas diwakili oleh dosen dan mahasiswa dari Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Binus  Jakarta, dan Universitas Teknologi Nanyang.


Hasintya Saraswati, Staf Khusus Bidang Percepatan Inovasi Kemenpora, menyampaikan kunjungan ke Tianjin Sport University, Tianjin Foreign Studies University, Tianjin Steel Group Co, China Energy Construction Group Co, dan Huawei Beijing, tentu menginspirasi seluruh delegasi tentang pentingnya sistem pendidikan yang baik dan pemanfaatan teknologi.

Saya percaya, kunjungan yang kami lakukan memberi pengetahuan baru dan imajinasi kepada seluruh delegasi bahwa masih banyak hal besar yang bisa dilakukan anak muda untuk memajukan Indonesia,” ujar Hasintya.

Hal ini diamini oleh Salman Alfarisi Putra, delegasi mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada. Ia menyebutkan bahwa pengalaman baru yang didapat melalui program ini membuat ia semakin termotivasi agar dapat mengambil peran lebih untuk Indonesia.


“Bagi saya, pengalaman ini sangat berharga karena membuat perspektif saya banyak berubah dan menginspirasi saya untuk semakin giat mempelajari banyak hal baru. Saya harap program seperti ini bisa terus dilanjutkan agar banyak anak muda Indonesia dapat mendapat pengalaman dan terinspirasi dengan kemajuan negara lain,” tutup Salman.


Xu Yunyu, Perwakilan Kedutaan Besar Republik Rakyat Tiongkok mengharapkan melalui kegiatan ini dapat tereksplorasi potensi kerjasama kedua negara di bidang kepemudaan, keolahragaan, dan kebudayaan.


“Saya berterima kasih kepada Kemenpora dan seluruh perwakilan delegasi atas kolaborasi untuk menyukseskan program ini. Saya harap program ini dapat secara rutin dilakukan setiap tahun dengan melibatkan lebih banyak delegasi”, tutup Xu Yunyu.


Source:

4 views0 comments

Comments


bottom of page